mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Apa itu Virtual Reality atau VR ?

Ontips Tech ~ Virtual Reality atau Biasa disebut VR adalah sebuah teknologi baru apakah Anda sudah tau, teknologi ini memungkinkan seseorang untuk melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan sebuah komputer / smartphone atau alat lain yang mampu membangkitkan suasana 3 dimensi lebih terasa, sehingga seolah-olah Anda sedang merasakannya secara fisik.

what is Virtual Reality

Apa itu Virtual Reality atau VR ?

Secara sederhana, VR (Virtual Reality) merupakan pemunculan gambar 3 dimensi yang terlihat seperti nyata dengan bantuan 1 atau beberapa alat tertentu (sekarang sudah banyak di indonesia). Dengan teknologi ini Anda dapat merasakan dunia nyata, padahal Anda sedang berada di dunia maya. Peralatan yang biasanya digunakan VR adalah helm, walker, headset, dan glove.

Saat ini VR sudah banyak digunakan di segala bidang, seperti militery dan penerbangan namun tidak luput juga para #GAMER'S yang banyak menggunakannya. Pada bidang militer VR biasanya dijadikan sebagai alat simulasi dalam peperangan, penggunaan VR juga sangat menghemat biaya dan waktu dari pada harus melakukan latihan peperangan secara real/ nyata. Sedangkan di bidang penerbangan, VR biasanya digunakan sebagai simulasi saat pilot pemula menerbangkan pesawat. Selain dari kedua bidang tersebut masih banyak penggunaan dari VR. Dan Gamer's yang menurut Saya paling banyak menggunakan alat ini.

Sistem Virtual Reality, yang saat ini digunakan meliputi informasi (touch) sentuh, biasanya dikenal dengan umpan balik kekuatan pada aplikasi medis. Anda juga dapat saling menghubungkan 2 alat atau lebih dalam suatu lingkungan maya misal anda ingin menambahkan keyboard dan mouse. Pada saat ini sangat Susah untuk menciptakan VR dengan kejernihan tinggi karena keterbatasan teknis atas daya proses, resolusi citra, dan lebar pita komunikasi.

Syarat yang harus ada pada Virtual Reality :

Gambar /grafis 3D yang nyata menurut perspektif penglihatan pemakai. Kemampuan untuk mendeteksi gerakan2 pengguna, seperti gerakan kepala dan arah bola mata, untuk menyesuaikan grafis yang dihasilkan supaya menyesuaikan perubahan dunia 3D nya.

Saat berada dalam #Virtual Reality, Anda akan merasa melebur seolah menyatu dengan dunianya, dan bisa berinteraksi dengan objek2 yang ada disana. Hal ini disebut telepresence.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar