mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Mengenal Apa Itu Drone, Serta Jenis dan Fungsi

Mengenal Jenis dan Fungsi Drone

Ontips TEchApa Itu Drone, Serta Jenis dan Fungsi - Di jaman sekarang ini, kata “Drone” pasti sudah sering terdengar di sekitar kita. Ada sebagian orang yang sudah mengetahui dan melihat apa itu Drone, namun ada juga beberapa yang masih belum paham apa itu Drone. Ok kita mulai saja.

Mengenal Apa Itu Drone, Serta Jenis dan Fungsi

Drone adalah sebuah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak yang jauh oleh seseorang. Dahulu kala, Drone ini seringkali digunakan pada bidang militer untuk memata matai musuh atau melakukan pengintaian di daerah yang sedang ada konflik. Namun kini sepertinya Drone non militer telah menjadi sebuah hobi baru yang dimiliki oleh banyak orang. Penggunanya pun sangat bervariasi, mulai dari anak – anak sekolah hingga para professional.

Fungsi Drone

  • Seperti yang telah disebutkan diatas, salah satu drone pesawat memiliki fungsi untuk kegiatan mata mata yang dilakukan oleh pihak militer di daerah konflik. Selain itu, pesawat drone pun mulai dikembangkan untuk dapat melakukan misi pencarian dan juga penyelamatan. Hal ini pasti akan sangat berguna, khususnya untuk pihak Search and Resque atau SAR.

  • Selain dua fungsi di atas, pesawat drone juga kini sudah mulai banyak digunakan untuk kegiatan jurnalistik. Misalnya saja untuk melakukan pemotretan, merekam video dan juga alat untuk mengumpulkan data. Hal ini akan sangat memudahkan media dalam mengambil gambar yang diperlukan untuk kebutuhan acara atau berita. Drone pun kini juga sudah mulai difungsikan untuk pengiriman makanan dan juga barang.

  • Sebenarnya, fungsi drone dapat dikembangkan oleh siapapun yang memiliki keahlian khusus. Drone dapat digunakan untuk apa dan juga seperti apa jenis pengendaliannya. Kita tahu bahwa sekarang ini drone masih digunakan secara manual atau masih menggunakan remot control. Namun akhir akhir ini mulai ditemukan bahwa drone pun dapat dikendalikan secara semi otomatis dengan menggunakan sistem algoritma yang terdapat pada unit control pada drone itu sendiri.

Jenis – Jenis Drone

Jenis drone jika dilihat berdasarkan baling – balingnya, ada dua jenis yaitu:

  •     Fixed Wing Drone atau Drone Tunggal. Drone ini memiliki bentuk seperti pesawat komersial dan biasanya digunakan untuk proses yang cepat. Drone ini pun memilii daya jangkau yang lebih luas. Drone ini biasanya digunakan untuk keperluan pemetaan (mapping) dengan konsep yang hampir sama dengan scanning. Energy yang digunakan pada drone tunggal ini pun lebih irit karena baterai hanya digunakan untuki baling – baling tunggal.

  •     Multicopter Drone atau Drone Multi. Nah, bagi anda yang memiliki keperluan untuk mengambil gambar atau video dengan kualitas yang bagus, drone dengan jenis multi ini sangat cocok. Mengapa? Hal ini karena drone ini lebih stabil serta memiliki daya angkut yang lebih besar. Misalnya saja untuk mengangkut kamera yang berat. Semakin banyak baling – baling yang digunakan, maka biasanya drone akan lebih stabil. Terdapat beberapa jenis baling baling untuk drone ini yaitu: 3 baling – baling (3Copter), 4 baling – baling (quadcopter), 6 baling – baling (Hexacopter) dan 8 baling – baling (Octacopter).

Itulah tadi beberapa fungsi serta jenis dari drone yang kini sudah kita ketahui bersama. Drone memang dapat memiliki banyak fungsi yang dapat diperoleh oleh banyak pihak. Dengan mengetahui fungsi dan juga jenis drone ini kami harapkan bahwa anda dapat memilih drone yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda, apakah itu drone tunggal atau drone multi, meskipun mungkin hanya untuk sekedar hobi.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar