mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Tips berinternet di Smartphone baru anda

On Tips Tech - Fungsi sebuah ponsel pintar alias smartphone akan lebih optimal jika pengguna mengaktifkan layanan akses data atau internet. Ketika anda berganti atau telah membeli ponsel pintar baru, ada 2-3 hal yang perlu anda perhatikan. Tujuannya adalah untuk menghindari dari lonjakan biaya dan memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan akses internet yang lancar.

Aktifkan paket data

Poin ini wajib diperhatikan oleh mantan pengguna ponsel dengan fitur pas-pasan ( feature phone ) yang kini membeli ponsel pintar. Tidak peduli anda membeli ponsel bersistem operasi Android, iOs, Windows Phone, atau Blackberry.

Sebaiknya anda mengaktifkan paket data.

Tanpa mengaktifkan paket data, anda akan dikenakan tarif akses data eceran yang relatif mahal. Pulsa Rp 100 ribu bisa ludes dalam sehari, bahkan dalam hitungan jam.

Karena anda baru beralih ke ponsel pintar dan belum mengetahui kebutuhan nyata terhadap akses data, admin On Tips Tech  menyarankan anda membeli paket data sesuai kebutuhan. Biasanya pengguna membeli paket data bertarif Rp 50 ribu perbulan.

Baca juga : Perhatikkan ini dulu sebelum membeli paket Internet

Kesesuian jenis paket

Saat beralih dari satu ponsel pintar ke ponsel pintar lain, anda perlu memperhatikan kesesuaian jenis paket yang digunakan. Paket data untuk smartphone Android, iOs, Windows Phone, dan BlackBerry 10 ( BB10 ) dapat saling dipertukarkan.

Misalnya, paket data yang dulu anda gunakan di smartphone Android Xiaomi Redmi 1s tetap bisa digunakan di smartphone Android Acer Liquid S1. Paket data BlackBerry Q10 juga dapat digunakan di iPhone 6 dan Nokia Lumia 930.

JIka ponsel lama atau ponsel baru anda termasuk peranti BlackBerry OS 7 atau di bawahnya, nah... itu dibutuhkan perlakuan khusus.

Paket data yang biasanya anda gunakan untuk BlackBerry 9900 Dakota, misalnya, tidak sama dengan paket data untuk BlackBerry Z3. Anda perlu menonaktifkan layanan BlackBerry Internet Sevices ( BIS ). Kemudian berlangganan paket data reguler.

Seandainya anda bingung dengan pemilihan paket data yang tepat, tanyakan ke penjaga gerai ponsel kemudian tanyakan ke penjaga gerai tersebut. Alternatif lain, anda dapat langsung menuju link ini.

APN harus benar

Paket data yang sesuai telah diaktifkan. Sinyal yang tersaji di layar terlihat penuh. Namun, ponsel tidak bisa digunakan mengakses dunia maya. Jangankan memutar video melalui Youtube, sekedar browsing pun selalu gagal.

Baca : Cara mengatasi Internet nyambung tapi lelet atau bengong.

Kondisi seperti itu bukan mustahil disebabkan oleh buruknya layanan akses data operator yang anda gunakan. Kendati demikian, anda idealnya mengecek satu hal dulu. Pastikan pengaturan nama titik akses atau Acces Poin Name ( APN ) sudah tepat.

Kesalahan APN berpotensi membuat koneksi internet macet. Konsultasikan soal APN ini ke petugas di kantor layanan operator seluler yang anda gunakan atau mengunjungi situs resmi operator tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar