mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

7 Alasan kenapa kamu sebaiknya migrasi dari Windows ke Linux

ontipstech - Windows memang sistem operasi desktop yang paling populer, familiar, dan user friendly saat ini. Banyak sekali pengguna komputer di penjuru dunia ini terutama di Indonesia yang menggunakan Windows. Meskipun begitu, anda sebaiknya bermigrasi dari Windows ke Linux. Lalu mengapa anda sebaiknya berpindah dari Windows ke Linux? Apa alsannya?

1. Terhindar dari pembajakan perangkat lunak

Sebagian besar pengguna komputer di penjuru dunia terutama di Indonesia tidak menyadari akan hal tersebut. Dikarenakan Windows dan sebagian perangkat lunaknya berbayar, maka mereka dengan seenaknya mencuri hasil karya orang lain (Membajak). Yang pasti itu adalah tindakan ilegal.

Namun jika anda menggunakan Linux anda pasti terhindar dari tindakan tersebu. Kenapa? Karena mayoritas aplikasi Linux berlisense Open Source yang tentunya gratis dan dapat dikembangkan oleh siapa saja.

Baca juga :5 keuntungan menggunakan software Open Source

2. Tidak mengeluarkan biaya

Jika anda adalah tipe orang yang anti menggunakan software bajakan kemudian anda ingin membelinya, maka pasti anda akan mengeluarkan biaya. Berbeda jika anda menggunakan Linux. Bisa dipastikan anda tidak akan merogoh kocek sedikitpun kecuali anda membeli CD instalasi Linux. Hal ini dikarenakan sebagian besar perangkat lunaknya gratis.

3. Tidak perlu memikirkan adanya virus

Ini dia, salah satu keunggulan Linux jika dibandingkan dengan Windows. Jika anda menggunakan Linux, anda tak usah khawatir komputer atau Laptop anda terserang virus, dikarenakan Linux jauh lebih aman daripada Windows.

Baca :4 alasan kenapa Linux tahan terhadap virus daripada Windows

4. Membuat anda lebih pintar

Karena Linux bersifat Open Source, anda bisa mendapatkan Source Kodenya, kemudian anda dapat berexperimen dan mengembangkannya sesuka hati anda. Poin ini cocok untuk anda yang jago coding.

5. Linux lebih ringan

Nah, ini cocok untuk anda apabila anda mempunyai komputer atau Laptop lawas. Linux biasanya lebih ringan dan memakan resource yang kecil daripada Windows. Oleh karena itu,  anda bisa memberikan 'nyawa' kepada komputer atau laptop lama anda yang spesifikasnya pas-pasan. Distro Linux yang cukup ringan adalah Puppy Linux. Jika anda menginkan paket yang lebih lengkap, anda bisa memilih LinuxDeepin.

6. Tidak memerlukan driver tambahan

Windows tidak akan bekerja dengan baik bahkan beberapa fitur tidak berfungsi jika belum terinstall driver. Jika vendor telah menyediakan driver berupa CD ini tidak masalah. Jika vendor tidak menyertakan CD driver, anda bisa mengunduhnya di situs resminya yang ukurannya ratusan hingga ribuan Megabyte.

Namun bagaimana jika vendor tidak menyediakannya? Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan Linux yang tidak memerlukan driver tambahan. Laptop anda akan berkerja dengan baik apabila  anda menggunakan Linux meskipun driver tambahan belum terinstall.

7. Linux memiliki banyak Distro

Ini yang menjadi keunggulan utamanya. Linux terdapat beragam distro seperti Ubuntu, Open Suse, RedHat, dan masih banyak lagi yang dapat anda pilih dan anda coba. Masing-masing distro memiliki kelebihan dan kekuranga.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar