mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Cara asyik mengenali hewan dengan smartphone-mu

OTT - Untuk memperkenalkan hewan kepada balita tercinta, biasa anda perlihatkan foto dan video aneka hewan bisa menjadi pilihan. Atau, mengajak anak berjalan-jalan ke kebun binatang atau taman safari terdekat di kota anda. Berbekal gawai (gadget) Android atau ponsel pintar keluaran Apple, anda sebenarnya memiliki alternatif lain. Gunakan saja aplikasi yang bernama "Animal 4D+" yang dibuat dan dikembangkan oleh Octagon Studio, Bandung.

Dengan aplikasi Animal 4D+ yang bisa anda dapatkan secara gratis di Google Play Store untuk Android dan Apple App Store untuk iPhone atau iPad, anda dapat memperkenalkan hewan secara lebih menyenangkan. Gambar hewan hewan yang tersaji di layar ponsel atau tablet tampak bergerak dan bersuara. saat dipandang dari sudut tertentu, hewan itu tampak realistis alias nyata.

Unsur edukasi ditambahkan dengan menampilkan penjelasan singat mengenai hewan yang tampil. Mungkin karena tidak spesifik menyasar pengguna di Indonesia, Animal 4D+ tidak menggunakan Bahasa Indonesia.

Nama-nama hewan disusun berdasarkan alfabet dan menggunakan Bahasa Inggris. Misalnya, ant (semut), bear (beruang), cow (sapi), dan dog (anjing). Deskripsi hewan juga ditulis dalam Bahasa Inggris.

Berminat mencoba? Bagi pengguna Android, pastikan perangkat anda minimal bersistem operasi Android 2.2 Froyo dan juga didukung oleh RAM 512MB dengan processor dual core. Dengan spesifikasi tersebut, mestinya bisa menjalankan aplikasi Animal 4D+, meskipun awalnya terasa cukup lambat.

Untuk anda pengguna Android, Sekarang arahkan browser ke http://goo.gl/ww9Xv8  dan download-lah aplikasi yang tersaji dilayar ponsel. Alternatif lain, bukalah Play Store dan ketikkan kata kunci "Animal 4D+". Akan muncul beberapa judul aplikasi. Pilih yang iconnya berwarna hijau. Ukuran file sebesar 86 MB.

Asal tahu, dalam beberapa kasus yang belum diketahui penyebab pastinya, Animal 4D+ gagal dinikmati oleh pemakai ponsel tertentu. Padahal spesifikasi ponsel yang digunakan telah memenuhi persyaratan. Beberapa ponsel yang diidentifikasi tidak bisa menjalankan aplikasi Animal 4D+ ialah Asus Zenfone 5, Asus Zenfone 6, dan Evercoss A28S.

Sementara itu, jika akan dijalankan di iPhone atau iPad, aplikasi Animal 4D+ mengharuskan perangkat pemakai minimal menggunakan iOS 5.0. Aplikasi dengan ukuran 131 MB itu cocok dengan iPhone, iPad, maupun iPod touch. Developer menyatakan aplikasi edukasi yang satu ini telah dioptimalkan untuk Apple iPhone 5.

Untuk mendownload aplikasi tersebut, masuklah ke App Store dan ketikkan kata kunci "Animal 4D+". Anda juga bisa mengarahkan browser ke http://goo.gl/SS0NBv  yang langsung membawa anda ke halaman pengunduhan.

Usai mendownload dan menginstalasikan aplikasi Animal 4D+, silahkan menjalankan aplikasi tersebut. Di layar, akan tersaji informasi yang meminta anda meletakkan kartu yang menghadap ke kamera.

Kartu apa itu? Tidak perlu bingung. Kartu yang dimaksud adalah flashcard (sejenis kartu remi atau permainan lainnya) bergambar hewan. Pencetlah tombol get the card yang ada di layar ponsel. Anda bisa langsung menuju ke http://goo.gl/gJ7Sbi  untuk mengunduh atau mendapatkan kartu tersebut.

Kartu yang sudah anda download bisa dicetak di selembar kertas, atau sekedar disajikan di layar ponsel, tablet, laptop, atau gadget lain yang anda miliki. Kemudian arahkan kamera ke gambar tersebut. Jarak antara gambar dengan kamera jangan terlalu dekat dan jangan pula terlalu jauh. Kira-kira satu jengkal.

Dan.. di layar ponsel atau tablet akan muncul seekor hewan. Gerakkan ponsel atau tablet anda hingga menemukan sudut pandang terbaik. Anda juga bisa bereksperimen dengan mengubah posisi gambar yang diarahkan ke kamera.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar