mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Cara merawat komputer atau Gadget yang baik

Ontipstech - Sudah menjadi keharusan bagi para pengguna Komputer di dunia untuk merawat Komputer atau Gadgetnya dengan baik. Namun masih banyak para pengguna Komputer yang "salah kaprah" dan tidak merawat Komputer atau Gadgetnya dengan sepenuh hati :D. Apalagi di berbagai Gadget terbaru di tahun 2017 ini seperti Tablet PC, Laptop, dan berbagai Gadget canggih lainnya yang sangat diminati masyarakat dibumi ini.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sedikit tips yang cukup bermanfaat, yakni Cara merawat Komputer atau Gadget dengan Baik, benar, dan aman. Kita sebagai pengguna komputer atau gadget tidak boleh membiarkan begitu saja dan tidak merawat Gadget atau Komputer yang kita miliki. Komputerpun juga harus dirawat, terutama organ-organ tubuhnya, seperti Otak ( Processor ), Mata ( VGA ), Darah (RAM ), dll supaya tetap bekerja seperti yang kita inginkan. Bayangkan kalau Komputer atau Gadget anda tidak terawat dengan baik, pasti akan terserang penyakit Ebola :v yang akhir-akhir ini lagi ngetren :v.

ARTIKEL TERKAIT :Cara merawat Baterai Laptop,Cara mengatasi Processor Overheat

1. Tutup/Close Program yang tidak perlu

Setiap kita menjalankan Program atau aplikasi membutuhkan RAM, sehingga semakin banyak Aplikasi yang berjalan, semakin menyita ruang bebas pada RAM yang ada pada Gadget atau Komputer kita. Hal ini dapat menyebabkan kinerja Komputer atau Gadget kita menjadi lelet karena ruang bebas pada RAM kita semakin kecil, otomatis penggunaan Processor juga akan meningkat. Semakin meningkatnya penggunaan processor ( CPU Usage ), maka Komputer atau Gadget kita akan panas dan memperpendek umur Komputer atau Gadget kita.

2. Ventilasi yang cukup

Hal ini juga dapat mengantisipasi terjadinyaOverheat ( kepanasan ) pada Processor. Maka dari itu, tempatkan Komputer atau Gadget anda di tempat yang sejuk dan ruangan yang mempunyai ventilasi yang cukup. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan di Komponen dan akan memperpendek umur komponen yang suhunya melampaui batas normal

3. Lakukan Defrag Hardisk secara Berkala

Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa agar mempermudah proses read/write pada komputer anda sehingga beban kerja komputer anda juga akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Hal ini juga dapat mengantisipasi Terjadinya Bad sector pada Hardisk. Kecuali jika anda menggunakan Sistem Operasi yang menggunakan kernelLinux.

4. Gunakan AntiVirus yang Up-To-Date

Untuk dapat mengenali virus-virus baru pada komputer anda sebaiknya update program antivirus anda secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer anda dapat membuat anda menginstall ulang komputer anda. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.

Kecuali jika anda menggunakan Sistem Operasi yang menggunakan kernelLinux, anda tidak perlu menginstall AntiVirus, karena Kernel ini memiliki  ketahan yang luar biasa, tidak heran jika SuperComputer didunia menggunakan Linux.

5. Gunakan UPS dan Stabilizator

Untuk mengantisipasi Komputer mati mendadak dikarenakan Listrik padam, Maka gunakanlah UPS. Perangkat ini mampu memberikan daya listrik ke Komputer hingga 30menit, lumayan....

Sedangkan Stabilizator berfungsi untuk menyetabilak tegangan listrik di Rumah kita.

6. Jangan gunakan Laptop tanpa Baterai

Banyak para pengguna Laptop didunia ini, terutama di tanah air kita menggunakan Laptopnya tanpa Baterai, tentunya sambil di cas. Memang ini bisa membuat baterai jadi awet. Tetapi, Motherboard pada Laptop anda menjadi sasarannya.

Kenapa? karena jika tegangan listrik dirumah kita tidak stabil dan anda sedang menggunakan laptop tanpa baterai, ini akan menyerang langsung ke Circuit Motherboard pada Laptop anda. Peran Motherboard pada Laptop sangatlah vital. Jadi mending mana kehilangan Baterai apa kehilangan Laptop??

7. Uninstall Program yang tidak perlu

Ruang hardisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write hardisk anda sehingga beban kerja komputer anda akan lebih berat sehingga harddisk juga akan cepat rusak.

8. Bersihkan komponen Komputer secara berkala

Setidaknya enam bulan sekalilah hal ini harus anda lakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, kipas, dll) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer anda.

Sekian tips dari saya, Trima kasih

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar