mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Cermati ini saat hendak memotong kartu sim!

Ontips Tech -Beberapa waktu yang lalu, penulis Ontips Tech telah membahasmemperkecil kartu sim. Tujuannya supaya sim bisa diselipkan ke ponsel yang memakai kartu sim berukuran yang lebih kecil. Terkait pemotongan kartu sim itu, ada beberapa tips tambahan yang perlu sobat ketahui.

Baca juga : Macam macam kartu SIM berdasarkan ukuran

cara memotong kartu sim

Tidak semua kartu sim bisa dipotong.

Ya, tidak semua kartu mini sim bisa dipotong menjadi micro sim atau nano sim. Anda perlu memperhatikan ukuran chip pada kartu mini sim yang anda miliki. Kartu mini SIM keluaran lama biasanya memiliki ukuran chip yang lebih besar.

Bila kartu mini SIM tersebut dipotong, sebagian chip bakal ikut terpangkas. Hasil akhirnya, kartu itu justru rusak dan tentunya tidak bisa digunakan lagi. Yang dimaksud chip disini adalah lempengan berwarna kunng keemasan.

Silahkan lihat pada gambar diatas. Bila kartu mini SIM yang sobat miliki memiliki ukuran chip yang besar, anda sebaiknya mengunjungi kantor layanan operator gsm. Disana, anda tinggal meminta kartu SIM yang baru yang ukurannya sesuai dengan ponsel yang anda miliki saat ini.

Haluskan setelah dipotong.

Karu SIM yang berukuran lebih kecil yang dihasilkan dari proses pemotongan sebaiknnya tidak langsung anda selipkan ke ponsel anda. Haluskan dan ratakan dulu sekeliling kartu micro SIM atau nano SIM itu.

Sebagai alat bantu untuk meratakan tepi kartu SIM, anda bisa memanfaatkan kikir di gunting kuku. Kalau anda tidak mempunyai benda itu, gunakan ampelas atau sisi tajam pada gunting atau cutter. Gesekkan secara perlahan ke pinggiran kartu micro SIM atau nano SIM.

Khusus nano SIM, tipiskan sedikit.

Standar ketebalan kartu nano SIM 0,9mm lebih tipis dari pada kartu micro SIM dan nano SIM. Sekilas berbeda sedikit sekali. Tak sampai 1mm. Praktiknya, perbedaan setipis itu bisa mengakibatkan kartu nano SIM anda tersangkut di slot nano SIM pada ponsel anda.

Karena itu, sebelum memasang kartu nano SIM hasil potongan ke ponsel, sebaiknya tipiskan dahulu kartu nano SIM tersebut. Cara termudah adalah menggosokkan kartu nano SIM anda ke permukaan ampelas secara berkali-kali

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar