mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Macam-macam kartu SIM berdasarkan ukuran

Ontips Tech - Pada postingan kali ini, admin Ontips Tech akan memberikan sebuah informasi mengenai Jenis jenis atau macam-macam kartu SIM berdasarkan ukurannya. Sejak ponsel GSM mulai dipasarkan di Indonesia sampai sekarang, ada 4 ukuran kartu sim atau simcard yang pernah beredar. Satu diantaranya sudah tidak digunakan lagi. Kalau dicermati dan diperhatikan, ukuran kartu SIM dari waktu ke waktu semakin kecil alias mungil. Penasaran seperti apa wujudnya ?Ayo, mari kita kenali mereka satu per satu.

1. Full-Size SIM Card

Ukurannya paling besar jika dibandingkan dengan yang lainnya. Panjang dan lebarnya setara dengan kartu ATM atau Kartu Kredit yang ada di dompet anda. Sebagian ponsel GSM yang beredar di Indonesia pada tahun 1990-an ( Adminnya belum lahir :v ) menggunakan Kartu SIM jenis ini. Ponsel-ponsel itu tentu saja memiliki bodi yang berukuran bongsor. Lebar dan seringkali cukup tebal.

2. Mini SIM Card

Hingga saat ini, masih disebut sebagai Kartu SIM standar atau reguler. Sebab, populasi ponsel yang mengunakan Kartu SIM jenis ini memang masih sangat banyak. Ponsel berfitur ala kadarnya alias Feature Phonekeluaran terbaru tetap mengadopsi kartu Mini SIM. Sedangkan ponsel pintar alias Smartphone generasi terbaru, terutama yang ditawarkan produsen merek global, sudah cenderung meninggalkan Kartu SIM jenis ini

3. Micro SIM Card

Bayangkan saja ada sebuah kartu mini SIM yang sekelilingnya dipotong sebagian. Itulah kartu micro SIM. Apple iPhone 4 merupakan ponsel pertama yang menggunakan kartu jenis ini.

Berbagai merek dan tipe ponsel pintar telah memanfaatkan kartu micro SIM. Sementara itu, pengguna kartu Micro SIM di Feature Phone masih sangat terbatas, alias langkah.

Satu dari segelintir Feature Phone yang telah menggunakan Kartu SIM jenis ini adalah Nokia 208.

4. Nano SIM Card

Kartu SIM yang berukuran paling kecil yang saat ini dipakai adalah nano SIM. Lagi-lagi Apple yang menjadi pelopor standar ukuran baru kartu SIM. Kalau kartu micro SIM kali pertama digunakan di Apple iPhone 4, kartu nano SIM mulai dipakai di Apple iPhone 5.

Selain lebih mungil, bila diperhatikan kartu nano SIM sedikit lebih tipis dibandingkan Full-Size SIM Card, mini SIM, dan Micro SIM. Standar ketebalan Nano SIM hanya 0,67milimeter, sedangkan 3 ukuran kartu SIM lainnya 0,76milimeter

Sekian postingan dari saya. Salam Blogger.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar