mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Masalah Bluescreen pada Windows

HALO SOBAT On Tips Tech, KALI INI SAYA AKAN BAHAS MENGENAI MASALAH " BLUE SCREEN " PADA WINDOWS.

Silahkan Disimak Baik- Baik ya ...

Apa itu Blue Screen ? Blue Screen / BSOD (Blue Screen Of Death) adalah istilah yang populer untuk menyebut layar biru yang terjadi di Microsoft Windows karena sistem operasi tersebut mengalami kesalahan sistem atau masalah lainnya. Kesalahan tersebut diantaranya, driver program yang tidak cocok, kesalahan pada memori, penggunaan DLL file yang tidak cocok atau registy yang rusak.

Bluescreen terjadi di berbagai versi Windows seperti Windows NT, XP, Vista, 7 atau 8. Bluesceen merupakan pengganti , ada Black Screen of Death yang ada di OS/2 atau MS-DOS, atau Red Screen Of Death (RSOD) yang pernah terjadi di Windows Vista. Hal lucu dari BSOD adalah pada tahun 1998 yang saat Bill Gates yang saat itu menjadi CEO Microsoft sedang mempresentasikan Microsoft Windows 98 tiba-tiba crash dan menampilkan Bluesreen saat asistennya Chris Caposella menghubungkan Scanner ke komputer yang bersistem operasi windows 98 tersebut, hal itu menimbulkan gelak tawa dan tepuk tangan dari penonton.

Berikut ini data kode yang biasanya ditampilkan oleh bluescreen :

DATA_BUS_ERROR

Pesan error ini berarti slot pada motherboard rusak atau berdebu, biasanya slot yang bermasalah adalah pada slot memori. Untuk mengatasinya Anda bersihkan slot-slot yang ada pada mobo terutama slot memori.

PEN_LIST_CORRUPT

Pesan error ini berarti telah terjadi masalah pada RAM, periksa apakah RAM rusak atau tidak. Solusinya Anda cabut RAM-nya dan bersihkan slot dan RAM-nya, bersihkan RAM dengan penghapus.

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Pesan error ini berarti telah terjadi kesalahan pada pengaturan pemasangan jumper, driver IDE controler, atau kesalahan pada saat installasi driver chipset.

MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Pesan error ini berarti disebabkan oleh kerusakan Prosesor, atau juga bisa disebabkan oleh kerusakan/ kekurangan daya pada power supply. Anda harus menjaga suhu prosesor agar tetap terjaga, tapi bila tetap muncul pesan error ini artinya prosesor atau PSU Anda sudah mau tutup usia.

BAD_POOL_CALLER

Kesalahan ini biasanya terjadi karena kesalahan pada saat menginstall atau mengupgrade driver, karena ini memaksakan sehingga komputer mengalami blue screen.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Pesan ini terjadi karena ada kerusakan hardware pada komputer Anda, bisa jadi RAM, VGA, atau memory di prosesor (L2 Cache)

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Masalah ini terjadi bisa karena kesalahan pada saat menginstall driver, terjadinya timpang tindih/ bentrok pada driver yang biasanya terjadi ketika pengguna menginstall/ update driver baru sedangkan driver lama tidak terhapus/ dihapus (berhati-hatilah bagi Anda yang gemar update/ coba-coba install driver baru). Selain itu kesalahan ini pun bisa terjadi karena pengaturan/ penginstallan driver VGA dan Audio Sound.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Pesan ini muncul terjadi karena Prosesor terlalu panas, cek kipas prosesor. Bisa juga disebabkan karena overclocking yang melebihi performa batas prosesor. Atau terjadi masalah pada motherboard.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Kesalahan ini terjadi karena terjadi kesalahan saat install driver video card atau VGA. Solusinya install driver VGA yang sesuai dengan OS dan tipe sistem yang digunakan.

APA PENYEBAB BLUE SCREEN OF DEATH PADA WINDOWS??

Penyebab Blue Screen of Deat (BSOD) biasanya disebabkan adanya masalah dengan hardware atau software driver pada komputer kamu. Software biasa tidak akan menyebabkan komputer kamu mengalami masalah seperti ini. Penyebab Blue Screen disebabkan oleh masalah hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Blue Screen terjadi ketika Windows bertemu dengan Error STOP sehingga terjadi kegagalan kritis yang menyebabkan Windows crash dan berhenti bekerja. Satu-satunya yang dapat dilakukan Windows disaat seperti ini hanyalah restart.

Jika kamu sedang mengetik atau mengerjakan tugas lain yang sangat penting dan Blue Screen terjadi maka kamu akan kehilangan data. Kamu tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan data karena Blue Screen tiba-tiba akan terjadi dengan cepat dan membuat komputer kamu restart.

Ketika Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat Minidump yang menampilkan informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpannya di dalam hardisk kamu. Dengan menggunakan minidump, kamu dapat memperbaiki penyebab terjadinya Blue Screen.

BAGAIMANA CARA MENGATASI KOMPUTER RESTART TIBA-TIBA SAAT BSOD??

Secara default, Windows akan melakukan restart setiap komputer terkena Blue Screen. Jika komputer mati tanpa alasan yang jelas mungkin itu Blue Screen. Ini benar-benar hal yang sangat menyebalkan, apalagi ketika kamu sedang mengerjakan tugas penting. Namun ada caranya untuk mengatasi komputer tiba-tiba restart ketika Blue Screen. Caranya mudah sekali, kamu cukup membuka System Security>System dan klik Change settings dibagian computer name, domain dan workgroup settings. Setelah itu pilih tab Advanced>Settings pada Startup and Recovery. Kemudian hilangkan centang pada Automatically restart.

CARA MENGATASI BLUE SCREEN PADA WINDOWS

Pada Windows 7 atau Windows versi terbaru, informasi Blue Screen ditampilkan di Action Center. Jika kamu pengguna Windows 7 atau Windows versi terbaru, kamu dapat membukanya dan mengklik Check for Solutions pada menu maintenance. Ini akan membuat Windows memeriksa penyebab Blue Screen dan berbagai error lainnya yang terjadi pada komputer kamu. Dengan begini kamu sudah dapat mengatasi Blue Screen.

BERBAGAI CARA MENGATASI BLUE SCREEN PADA WINDOWS

Cara diatas adalah salah satu cara mengatasi Blue Screen yang terjadi pada Windows 7, berikut ini ada beberapa cara lain untuk mengatasi Blue Screen.

System Restore - Jika Blue Screen baru saja terjadi pada komputer kamu maka sebaiknya kamu menggunakan System Restore untuk mengatasinya. Ini akan membuat komputer kamu kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software.

Scan Malware - Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware.

Install Update Driver - Sebuah driver yang salah install atau tidak diupdate dapat menyebabkan crash. Download driver terbaru dari perusahaan hardware komputer kamu, mungkin ini akan memperbaiki masalah BSOD.

Boot ke Safe Mode - Jika komputer kamu mengalami BSOD ketika dinyalakan, kamu bisa masuk ke Safe Mode. Pada Safe Mode, Windows hanya mengambil driver-driver yang penting. Jika kamu salah menginstall driver yang menyebabkan BSOD, dengan Safe Mode kamu dapat menguninstallnya.

Periksa Masalah Hardware - Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari komputer. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin komputer kamu terlalu panas dan kekurangan fan.

Install Ulang Windows - Ini adalah pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menginstall ulang komputer kamu. Dengan cara ini, sistem akan terbangun dari awal dan tidak akan ada kerusakan. Jika kamu tetap mengalami Blue Screen berarti permasalahannya ada di hardware.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar