mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Membuat Background gambar Transparan dengan Gimp

On Tips Tech - Pada postingan kali ini, saya akan memberikan sedikit tips tentang "Bagaimana cara membuat background transparan pada sebuah gambar atau menghilangkan background pada sebuah gambar dengan menggunakan software Open Source, yakni GIMP adalah GNU Image Manipulation.

Ini adalah program yang di distribusikan secara bebas dari perangkat lunak untuk tugas-tugas seperti retouching foto, komposisi gambar dan gambar authoring. Ia bekerja pada banyak sistem operasi, dalam banyak bahasa.

Banyak designer gambar yang menghilangkan background gambar dengan Photosop, tetapi aplikasi Photosop ini berbayar. Jika anda tidak ingin merogoh kocek untuk membeli aplikasi Photosop atau mengindari Pembajakan Software, GIMP solusinya. Untuk menghilangkan background atau membuat background transparan pada sebuah gambar dengan menggunakan Photosop, mungkin sudah banyak yang tau. Berbeda dengan GIMP yang user interface juga jauh beda dengan Photosop tapi fitur-fiturnya hampir sama dengan Sotosop. Okey langsung simak tulisan ane dibawah ini :D. Untuk mendownload dan cara menginstallnya, silahkan buka situs resminya GIMPhttp://www.gimp.org/downloads/

1. Pilih/Buka gambar yang ingin anda hilangkan backgroundnya dengan gimp. sebagai contoh, saya memilih gambar ini ( gunakan fitur open with )

Maka akan muncul tampilan seperti ini

2. Lalu klik Layer -> Transparency -> Add to Alpha Channel

3. Klik ikon "Tongkat Pesulap :v" jika kurang jelas, lihat screenshot dibawah ini

4. Garisi gambarnya seperti jika anda menggunakan Photosop. lihat ss dibawah ini

5. Lalu klik tab Edit -> Clear. Maka akan gambarnya berubah menjadi seperti ini

Jika sudah seperti ini, berarti anda sudah berhasil menghilangkan background gambarnya.

6. Langkah terakhir adalah menyimpan/ menge-save-nya

Untuk menyimpan dalam format JPG/PNG gunakan Fitur Export As ( Shift + Ctrl + E ) atau File -> Export As -> klik Select File Type ( By Extension ) lalu pilih Extensi JPG/PNG atau Lainnya, lalu klik Save/Simpan

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar