mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Mengenal berbagai Ragam Penjual Online

ontipstech - Membeli acang atau gadget terbaru bisa dilakukan tanpa perlu beranjak dari tempat duduk atau bahkan keluar kota. Anda tinggal klik sana klik sini lalu bayar, kemudian menunggu barang pesanan sampai ke rumah anda.

Ya, berbelanja online bisa membuat kita untuk menghemat waktu, tenaga, dan bahan bakar. Jika rajin memantau pergerakan harga plus sedang beruntung, bukan mustahil bagi anda untuk memperoleh harga yang jauh lebih bersahabat daripada toko offline alias toko fisik.

Ada banyak definisi berbelanja online. Dalam artikel ini, saya menggunakan batasan yang relatif longgar. JIka anda membaca iklan yang menawarkan sebuah produk di Facebook, kemudian anda tertarik untuk membeli produk, itu termasuk berbelanja online.

Apabila anda masuk ke situs tertentu, dan anda melihat-lihat barang yang ditawarkan disana, kemudian anda membeli satu barang yang dijual Rp 10.000 saja, aktivitas tersebut juga termasuk berbelanja online. Secara umum, ada tiga jenis penjual yang biasa menggelar lapaknya secara online.

Penjual perorangan

Sesuai namanya, yang menjual adalah perorangan secara pribadi, bukan perusahaan. Pada tahap yang paling sederhana, penjual perorangan mengiklankan barang lapaknya melalui Facebook, Twitter, Blackberry Messenger ( BBM ), Instagram, dan jejaring sosial lainnya. Mungkin ia juga memanfaatkan milis ( mailing list ), forum, dan aneka komunitas yang tersebar di dunia maya.

Kala kuantitas transaksi perorangan telah meningkat, penjual perorangan biasanya mulai berpikir untuk membuat blog atau situs web pribadi.

Dengan begitu, peminat secara berkala bisa masuk ke situs web tersebut, melihat barang terbaru, kemudian pelanggan tertarik untuk menghubungi penjual melalui email, SMS, telepon, BBM, atau media lainnya.

Proses transaksi dengan penjual perorangan seringkali masih konvensional. Usai melihat barang yang diinginkan, calon pembeli menghubungi penjual untuk melakukan konfirmasi ketersediaan barang. Selanjutnya ada tahap informasi alamat kirim, konfirmasi total transaksi, pambayaran, konfirmasi pengiriman, dan konfirmasi penerimaan barang.

Toko online milik perusahaan

Mudahnya ada sebuah situs web berbadan hukum. Pengujung situs web itu dapat melihat aneka barang yang ditawarkan dan langsung bertransaksi disana. Karena telah terintegrasi, seluruh proses dapat dituntaskan sekaligus oleh pelanggan. Mulai dari alamat pengiriman, hingga melunasi transaksi melalui beberapa pilihan metode pembayaran.

Tak lama kemudian, pelanggan akan mendapatkan SMS atau email notifikasi terkait transaksi yang barusan dilakukan. Penjual yang termasuk kategori ini diantaranya adalah Globalteleshop.com, Oke.com, dan Erafone.com.

Pasar penjual online

Ini adalah tempat dimana para pedagang online berkumpul, baik pedagang perorangan maupun perusahaan. Mekanisme transaksi di pasar penjual online tidak seragam. Ada pengelola pasar online yang mempersilahkan pembeli langsung berhubungan dengan penjual.

Pelanggan mentransfer pembayaran ke rekening yang diberikan penjual. Jika penjual ingkar janji, pembeli bakal pusing tujuh keliling. Ada juga pengelola pasar yang sekaligus berfungsi sebagai perantara. Dana yang dibayarkan pelanggan akan ditahan dulu oleh pengelola pasar.

Setelah pembeli melapor bahwa pesanan sudah diterima dan sesuai deskripsi, pengelola pasar baru menyerahkan pembayaran kepada penjual

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar