mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Mengenal lebih dalam tentang 4G LTE di Indonesia

On Tips Tech - Belakangan ini istilah 4G LTE semakin sering terdengan, terutama para Netizen yang tinggal di kota-kota besar atau didekatnya. Apa itu 4G LTE?

Mengenal lebih dalam tentang 4G LTE di Indonesia

Bagaimana cara memanfaatkannya di tanah air? Saya akan menjelaskannya kepada anda dengan gaya tanya jawab. Supaya lebih mudah dipahami, saya sengaja memakai bahasa yang sederhana. Berbagai istilah teknis sebisa mungkin dihindari

Apa itu 4G LTE? Apa hubungannya dengan 3G dan GPRS?

4G merupakan kependekan dari fourth generation alias generasi keempat, sementara itu LTE merupakan singkatan dari Long Term Evolution. Istilah 4G sebenarnya merujuk kepada tahapan perkembangan teknologi telekomunikasi bergerak.

Ketika operator GSM mulai beroperasi di Indonesia, belasan tahun yang lalu, saat itu teknologi telekomunikasi berada di 2G alias generasi kedua. Layanan yang dapat digunakan hanya telepon. Selanjutnya layanan pesan teks alias SMS. Pemakai dapat mengirim pesan teks ke pemakai lain.

Teknologi terus berkembang. Sobat pasti pernah mendengar layanan GPRS, bukan? Layanan akses data yang Indonesia diperkenalkan oleh IM3 itu termasuk 2,5G. Selanjutnya, hadir layanan internet berbasis EDGE yang lazim disebut sebagai 2,7G.

Loncatan besar terjadi pada tahun 2006. Pada saat itu operator GSM di Indonesia mulai menggelar layanan 3G alias generasi ketiga secara komersial. Kecepatan rata-rata layanan internet lebih cepat daripada sebelumnya.

Kini pemakai ponsel di wilayah tertentu di Indonesia berpeluang menikmati cepatnya internet berbasis 4G. Jadi, status hubungan 2G, 3G, dan 4G mempunyai hubungan erat. 4G merupakan kelanjutan dari 2G dan 3G. Perkemangan tidak berhenti sampai disini saja. Kelak akan hadir 5G dan G-G berikutnya.

Baca juga: Internet 5G berhasil ditemukan oleh UK, berapa kecepatannya?

Benarkah kecepatan akses data 4G mampu mencapai ratusan Mbps?

Secara teoritis, kecepatan internet di jaringan 4G LTE memang dapat mencapai lebih dari 100 Mbps. Namun, hal tersebut bisa dicapai dalam situasi yang benar-benar ideal. Di Indonesia, 4G LTE hanya seumur jagung.

Pemerintah juga masih melakukan penataan ulang frekuensi yang seharusnya akan digunakan untuk menggelar layanan 4G LTE secara optimal. Dikarenakan  hal-hal tersebut, kecepatan internet 4G LTE disini belum optimal.

Pemakai sebaiknya mengharapkan kecepatan maksimal 30-an Mbps dulu. Situasi jaringan dan jumlah pemakai turut mempengaruhi kecepatan yang mampu didapatkan. Merujuk kepada pihak lain lakukan, layanan 4G LTE Telkomsel dan XL di Surabaya biasanya berada di rentang kecepatan 7 Mbps hingga 15 Mbps. Sesekali diatas itu, sesekali juga dibawahnya.

Saya ingin mencoba 4G LTE. Apa saja persyaratannya?

Terdapat 4 persyaratan yang wajib dipenuhi. Pertama, sobat menggunakan ponsel yang sudah didukung layanan 4G LTE. Info lebih lengkap, baca disini.

Kedua, sobat memakai kartu SIM yang cocok dengan 4G LTE. Kartu SIM 4G yang biasa disebut USIM (Universal Subscriber Identification Module) itu dapat diperoleh dari gerai dan kantor layanan operator seluler.

Dapatkah menggunakan nomor lama untuk memanfaatkan 4G LTE? Bisa! sobat hanya perlu menukarkan kartu lama di kantor layanan operator yang anda pakai.

Ketiga, sobat telah berlangganan paket internet yang cocok. Ada operator yang membedakan internet non 4G dengan 4G. Jadi, jika selama ini sobat telah berlangganan paket internet tertentu, kini sobat harus berlangganan paket internet 4G. Sementara itu, ada juga operator yang tidak membedakan paket akses data 4G dengan non 4G. Paket data lama bisa digunakan di jaringan 4G.

Dan yang keempat, anda harus berada di area yang tercakup layanan 4G LTE. Seandainya tiga syarat diatas sudah terpenuhi, tetapi tempat anda belum tercakup area layanan 4G LTE, pasti sobat tidak akan bisa menikmati layanan 4G LTE.

Sejak awal, penjelasan tentang 4G LTE mengarah ke operator GSM. Apakah operator CDMA di Indonesia tidak ada yang menawarkan 4G LTE? Mungkin Smartfren, Flexi atau StarOne.

Smartfren berencana menggelar layanan 4G LTE. Mereka juga sedang menyiapkan smartphone yang telah didukung 4G LTE dengan harga yang murah. Saya akan memberikan sedikit bocoran. Ingatlah huruf R, Q, dan 1499. Maksudnya apa? Kelak anda akan mengetahuinya.

Bagaimana dengan layanan 4G LTE oleh StarOne dan Flexi? he... he... he... StarOne tinggal menantikan lonceng kematian yang dilakukan oleh pemiliknya sendiri, yaitu Indosat. Sedangkan Flexi juga akan segera tiada.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar