mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Pengertian dan Fungsi Komputer Server

ontipstech - Pada sore hari ini,ontipstech akan membahas tentang Pengertian dan Fungsi Komputer Server atau PC Server.

Komputer atau PC Server adalah sebuah perangkat yang menyediakan layanan atau service jaringan internet maupun intranet. Komputer atau PC Server pada umumnya beroperasi atau aktif selama 24 jam nonstop. Tentunya spesifikasi dari Komputer atau PC Server biasanya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Komputer atau PC Biasa ( PC Desktop, Laptop, dan sejenisnya. ). Spesifikasi Komputer Server pada umunya lebih jos jika dibangingkan dengan PC Desktop karena harus melayani komputer Cilent.

Komputer Server bukan hanya sebuah hardware, melainkan sebuah perangkat yang menggunakan sistem operasi khusus yang didesain untuk server. Sebagian besar Sistem Operasi yang ditanamkan di komputer atau PC Server adalah Sistem Operasi keluarga Linux. Itu dikarenakan Linux memiliki ketahanan virus yang jauh lebih jos jika dibandingkan dengan Windows. Bayangkan jika sebuah komputer server terserang virus, maka pihak tersebut akan mengalami kerugian yang besar. Contoh dari Sistem Operasi server adalah

  • Windows Server 2008
  • Solaris
  • CentOS server
  • Ubuntu Server
  • Debian Server
  • Redhat server
  • dan masih banyak lagi
Dan kali ini saya akan membahas fungsi dari Komputer Server

Apa saja fungsinya ?

Simak tulisan dibawah ini

Beberapa fungsi dari Komputer atau PC Server adalah sebagai berikut :

  1. Aplication Server, Server ini berfungsi sebagai media penyimpanan aplikasi-aplikasi yang nantinya akan di akses dari komputer client. Misalnya aplikasi transaksi jual beli dan aplikasi lainnya yang jalan di intranet atau internet.
  2. Proxy Server, biasanya digunakan untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.
  3. Database Server, berfungsi untuk menyimpan data-data. Ada beberapa orang meletakkan data terpisah dari server aplikasinya, biasanya terinstal semacam Database management system, seperti oracle, MS SQL Server, MySQL dan sebagainya.
  4. Game Server, server yang berfungsi menyediakan game online, sehingga kita bisa bermain di jaringan
  5. Printer Server, berfungsi mengatur printer yang berjalan pada sebuah jaringan.
  6. Web Server, menyediakan konten statis ke web browser dengan memuat file dari disk dan mentransfer melalui jaringan ke web browser pengguna.
  7. Dan lain sebagainya.
Demikian pengertian singkat dan fungsi mengenai Komputer atau PC Server. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar