mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Perbedaan Virus, Malware, Spyware, Trojan, dan Worm

On Tips Tech - Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Perbedaan Virus, Trojan, Malware, Spyware, dan Worm. Banyak pengguna komputer di dunia ini yang menyimpulkan bahwa Spyware, Trojan, Malware, dan Worm itu sama seperti Virus. Padahal anggapan itu salah. Memang, bug atau hama tersebut merupakan parasit bagi Komputer. Untuk mengatasi serangan hama yang parasit tersebut, maka gunakanlah Anti Virus yang ter-update. Hama parasit tersebut dapat menyebabkan hilangnya File pada komputer kita. Bahkan data-data rahasia yang ada pada komputer kita bisa diketahui oleh si pembuat Hama tersebut.

Hama tersebut datang di komputer kita biasanya melalui aktifitasi Online, Flashdisk atau Removable Disk lainnya, Program-program crack atau keygen, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui Perbedaan dari Virus, Malware, Spyware, Trojan, dan Worm, simak tulisan saya yang amburadul dibawah ini

1. Virus

Yang dimaksud virus dipostingan kali ini bukanlah virus manusia seperti virus Ebola, melainkan Virus pada Komputer. Virus komputer adalah Malware yang menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan/menjalankan dirinya  .Biasanya pemilik komputer itu sendiri yang menjalankannya. Virus tidak bisa otomatis mengaktifkan dirinya sendiri dan menginfeksi sebuah komputer tapi harus ada tindakan dari pihak ketiga yaitu pengguna komputer. Biasanya virus dibuat seperti program lain yang sering digunakan oleh pemilik komputer sehingga pemilik komputer itu mau mengaktifkan virus tersebut. Beberapa program komputer yang sering ditiru oleh virus adalah program .JPG, .Doc, Exe atau folder yang yang bila diklik akan mengaktifkan si virus.

2. Malware (Malicious Software)

Malware adalah sebuah software atau kode yang diciptakan oleh seseorang dengan tujuan jahat. Sebenarnya Malware itu adalah sebuah software atau program komputer, namun Malware dibuat dengan tujuan untuk merugikan orang lain. Malware dapat mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri), menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer yang tentunya akan merugikan orang lain.

3. Spyware

Spyware adalah program komputer yang dibuat untuk memata-matai komputer korbannya. Awalnya spyware ini digunakan untuk memata-matai profil pengguna komputer dan penggunaannya dalam menampilkan iklan yang sesuai dengan minat pengguna komputer tersebut.

4. Trojan

Trojan adalah program yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komuter tersebut.

5. Worm

Worm adalah Malware yang bisa mengaktifkan dirinya sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak ketiga. Yang artinya, jika worm sudah berhasil masuk dalam sebuah komputer atau jaringan komputer maka worm ini akan dapat berpindah ke komputer lain di dalam sebuah jaringan secara otomatis tanpa dapat dicegah oleh pemilik komputer lain yang ada di dalam jaringan tersebut. Worm biasanya berkembang melalui celah keamanan ( vulnerability )

Saran dari saya, untuk menghindari Hama-hama Parasit tersebut, jangan gunakan Software Bajakan atau Crack, dan gunakanlah Software Original. Jika anda tidak mampu membeli yang Original, maka gunakanlah alternatif lainnya yang berlisense Freeware atau Open Source.

Selama ini, saya ngeblog menggunakan Sistem Operasi Open Source, yakni Ubuntu.

Sekian dan Terima Kasih salam http://ontipstech.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar