mxCYnzPe18xDxXL0Vhgo7rkBq8hQL3pD8BhGXUWp

Tentang terjadinya Bad Sector pada Hardisk dan cara mencegahnya

Ontipstech - Bad Sector adalah sekumpulan data kecil atau sektor pada Hardisk yang tidak bisa dibaca, atau bisa dibilang kerusakan sektor pada sebuah Harddisk.Terjadinya Bad Sector pada memang menjadi salah satu momok bagi para opreker Komputer.

Bad Sector pada HDD atau Hardisk Drive dapat menurunkan kinerja Read / Write pada Hardisk. Bagi anda yang belum mengalami Bad Sector pada Hardisk yang terpasang pada Komputer, PlayStation, dan Laptop maupun Hardisk External anda, alangkah baiknya anda meluangkan waktu sejenak untuk menyimak dan memahami tulisan saya kali ini.

Yang pertama saya akan membahas kategori Bad Sector pada Harddisk.

Kategori atau Tipe Bad Sector ada dua, yaitu Phsycal atau Hard Bad Sector dan Logical atau Soft Bad Sector.

Phsycal atau Hard Bad Sector adalah kerusakan pada media penyimpanan Hardisk secara Fisik. Ini disebabkan karena adanya debu, goncangan, goresan, cairan pada hardisk yang mulai mengering, terkena atau terendam air, dan lain-lain. Kategori kerusakan ini bisa dilihat oleh mata kita. Jika telah terjadiPhsycal atau Hard Bad Sector, maka Hardisk sudah tidak bisa diperbaiki atau direpair lagi, kecuali diLembiru ( Lempar beli baru :v ).

sedangkan Logical atau Soft Bad Sector adalah kerusakan dari sekelompok penyimpanan yang bekerja secara tidak benar. Mungkin Sistem Operasi mencoba untuk membaca data Hardisk Penyebab terjadinyaLogical atau Soft Bad Sector adalah kita sering melakukan Force Shutdown, Kesalah pada Software saat membaca data dari Hardisk, Mematikan Komputer saat hardisk sedang melakukan Read / Write ( Contoh: Copy-Paste), dan lain-lain.Logical atau Soft Bad Sector pada Hardisk masih bisa diperbaiki dengan menggunakan  bantuan Perangkat Lunak.

Cara mencegah terjadinya Bad Sector pada Hardisk

Sedia payung sebelum hujan... cegah sebelum hardisk ente co.id :v

Mencegah Phsycal atau Hard Bad Sector

-Gunakan UPS untuk mencegah mati mendadak pada Komputer

-Pastikan kabel yang berhubungan dengan Hardisk tertata rapi dan benar

-Pastikan ruangan dan komputer anda bersih yang pasti bebas debu

-Jangan memindahkan komputer saat sedang menyala

-Pastikan komputer tetap dingin alias tidakOverheat

-Hindari terjadinya goresan pada Hardisk

-Jangan dibanting :v :v

-Dan Lain-Lain

Mencegah Logical atau Soft Bad Sector

-Jangan terlalu sering melakukan Force Shutdown

-Pastikan komputer anda bebasVirus, Malware, dan Spesiesnya

-Lakukan Defrag dengan Defragmenter Tool Jika Fragmentasi di hardisk sudah melebihi 10%,    kecuali jika anda menggunakan Sistem Operasi keluargaGNU/Linux

-Dan Lain-Lain

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar